Halaman

Senin, 29 Oktober 2012

Menteri Italia Bela Ilmuwan Pengamat Gempa

Menteri Italia Bela Ilmuwan Pengamat GempaLihat Foto

Menteri Italia Bela Ilmuwan Pengamat Gempa
http://thelapanbelazmei.blogspot.com, Roma (AFP/ANTARA) - Menteri Lingkungan Italia Corrado Clini pada Senin mengatakan bahwa ia berharap pengadilan banding akan membatalkan hukuman penjara yang dijatuhkan kepada enam seismolog yang dinyatakan bersalah atas kasus pembunuhan karena meremehkan risiko gempa bumi 2009 di kota L'Aquila.

“Saya berharap putusan L'Aquila akan dibatalkan pada pengadilan banding karena tidak mungkin untuk membuat prediksi yang tepat dan waktu yang pasti dari gempa bumi,” ujar Clini kepada saluran berita Italia TGCOM24.

“Tidak adil untuk meminta hal itu dari para ilmuwan,” tambahnya, menggemakan reaksi komunitas sains global terhadap putusan tersebut.

Sebuah pengadilan di L'Aquila pada pekan lalu menjatuhkan hukuman enam tahun penjara kepada enam seismolog dan seorang pejabat pemerintah, atas kasus pembunuhan berganda dan memerintahkan mereka untuk membayar lebih dari sembilan juta euro (sekitar Rp111,6 miliar) karena menyebabkan kerusakan.

Para terdakwa merupakan anggota komite penilaian risiko yang mengadakan pertemuan di L'Aquila kurang dari sepekan sebelum gempa berkekuatan 6,3 skala Ritcher mengguncang wilayah tersebut, dan menyebabkan 309 orang tewas, sejumlah rumah dan gereja kuno rusak, serta menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.(ai/pt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar