(Kesehatan
Olahraga)
- Latar Belakang http://thelapanbelazmei.blogspot.com
Sport Medicine (kedokteran
olahraga), merupakan suatu ilmu yang mencakup bidang kesehatan,melibatkan
sarjana/ahli/ ilmuwan olahraga, guru pendidikan jasmani dan olahraga, pelatih
olahraga kesehatan maupun olahraga prestasi, ahli mesase, ahli gizi, ahli ilmu
faal, ahli anatomi-antropologi, ahli kinesiologi, ahli orthopedi, ahli
rehabilitasi medik dan para dokter pada umumnya.
Kesehatan olahraga adalah ilmu yang
membahas tentang segala permasalahan tentang kesehatan yang berkaitan dengan
olahraga. Konsep dasar kesehatan olahraga adalah pembinaan mutu sumber
daya manusia menuju sehat seutuhnya sesuai rumusan sehat organisasi kesehatan
dunia (WHO), melalui pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Pengertian
sehat Organisasi Kesehatan Dunia (World organisation) merupakan sehat jasmani,
rohani, dan sosial, bukan hanya bebas dari penyakit , cacat ataupun kelemahan.
Jadi sehat menurut WHO adalah sejahtera paripurna, yaitu sejahtera seutuhnya,
sejahtera jasmani, sejahtera rohani, dan sejahtera sosial. Kalaupun seseorang
benar-baner bebas dari penyakit, cacat ataupun kelemahan, belum tentu disebut
sehat kalau tidak sejahtera paripurna.
Sejahtera jasmani aialah sejahtera
lahirliah, yaitu tidak ada gangguan, keluhan ataupun kesulitan yang bersumber
dari dan kepada jasmani, tidak sakit, dan tidak saling menyakiti. Sejahtera
rohani adalah sejahtera batiniah, yaitu tidak ada gangguan , keluhan ataupun
kesulitan yang besumber dari dan kepada rohaninya, tidak benci, tidak dibenci
dan tidak saling membenci. Sejahtera sosial adalah sejahtera dalam peri
kehidupannya dalam masyarakat, yaitu tidak ada gangguan, kesulitan ataupun
keluhan yang bersumber dari dan kepada kehidupan sosialnya, tidak dimusuhi dan
tidak saling bermusuhan.Sehat adalah sejahtera, makin tinggi derajat sehat
kita, makin tinggi sejahtera kita dan sejahtera adalah bahagia, sebab tidak ada
bahagia tanpa sejahtera, dampak dari sejahtera individu adalah sejahtera
keluarga yang terus berkesinambungan dengan sejahtera masyarakat.
Rung lingkup olahraga kesehatan
dibagi menjadi tiga, yaitu aspek jasmaniah dan rohaniah, dan aspek lingkungan.
Aspek jasmaniah
- Pertumbuhan dan perkembangan:
Pertumbuhan jasmani anak beriringan
dengan perubahan hormonal yang disertai dengan pematangan sexual, pembelajaran
dan pemantapan kemampuan dan penguasaan gerak dasar, pemantapan pola perilaku
dan internalisasi nilai-nilai sosial dan norma-norma kultular. Secara anatomis
dan fisiologis, anak dalam berbagai umur berbeda satu dengan yang lainnya,
artinya kecepatan pematangan anak berbeda-beda sehingga terdapat variasi yang
luas dalam kelompok umur kronologik yang sama. Kegiatan fisik bagi anak
hendaknya disesuaikan dengan setipa tingkat perkembangan jasmani dan rohani
masing-masing anak. Keterlibatan anak dalam olahraga adalah untyk mencari
kesenangan, melakukan pergaulan untuk mencari teman, ingin mempelajari dan
meningkatkan ketrampilan gerak kecabangan olahraga yang menarik minatnya.
Anak tidak boleh dipaksakan
melakukan suatu cabang olahraga, tetapi diperkenalkan olahraga yang
menyenangkan dan menggairahkan, menambha pengetahuan mengenai cara dan pola
bermain, menambah teman dan meningkatkan persahabatan.
- Histologi
- Anatomi
- Fisiologi
Kebutuhan energi untuk berjalan dan
berlari pada anak-anak lebih tinggi dari pada orang dewasa, penyebabnya yang
paling mungkin adalah secara mekanik gerak lari atau berjalan pada anak-anak
yang lebih kecil kurang efisien, maka anak memperlukan pengalaman gerak untuk
meningkatkan kemampuan koordinasi guna meningkatkan efisiensi gerak dasarnya.
- Biomekanika
- Cidera olahraga
- Pencegahan cidera olahraga
- Pertolongan pertama pada
olahraga
- Pemulihan bagi cidera
- Pimijatan
- Nutrisi dan gizi
- Farmatologi
Aspek Rohaniah
- Psikologi olahraga
- Pedagogi olahraga
- Sosiologi olahraga
Aspek lingkungan
1
Lingkungan alam yang meliputi suhu lingkungan, kelembaban dan ketinggian yang
termasuk ke dalam adaptasi-aklimitasi terhadap kondisi lingkungan, khususnya
yang bewrkaitan dengan masalah perpindahan atlet untuk bertanding di kawasan
yang berbeda.
2
Faktor peralatan olahraga (ilmu argonomi), membahas masalah manusia terhadap
macam olahraga dan penyesuaian manusia terhadap alat olahraga yang digunakan
dan memebahas tentang penyesuaian mekanisme kerja terhadap pelaku.
- Kajian teori
Kesehatan olahraga adalah sekumpulan
ilmu-ilmu yang membahas segala permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan
olahraga, konsep dasar kesehatan olahraga adalah pembinaan mutu sumber daya
manusia menuju sehat seutuhnya yang melalui Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan pelaksanaan olahraga kesehatan maupun olahraga prestasi, dan
pelayanan olahraga kesehatan.
Kegiatan untuk meningkatakan
kesejahteraan jasmaniah dilakukan dengan upaya untuk meningkatkan derajat sehat
dinamis (sehat dalam bentuk gerak) melalui berbagai bentuk olahraga, khususnya
olahraga kesehatan. Kesejahteraan sosial juga dapat diperoleh melalui kegiatan
olahraga kesehatan yang memang dilakukan secara kelompok. Berkelompok merupakan
rangsangan dan sarana untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, karena
msing-masing individu akan bertemu dengan sesamanya, sedangkan suasana lapangan
pada olahraga(kesehatan) akan sangat mencairkan kekuatan yang disebabkan oleh
adanya perbedaan status intelektual dan kondisi sosial-ekonomi pelakunya.
Olahraga kesehatan adalah untuk
memilihara dan meningkatkan derajat kesehatan dinamis, sehingga orang bukan
saja sehat dikala diam ( sehat statis ) tetapi juga sehat serta mempunyai
kemampuan gerak yang dapat medukung setiap aktivitas dalam peri kehidupannya
sehari-hari (sehat dinamis) yang bersifat rutin, maupun untuk keperluan
rekreasi dan mengatasi keadaan gawat-darurat. Berbeda dengan olahraga prestasi
yang menuntut kemampuan organ-organ tubuh secara maksimal, olahraga kesehatan
justru melatih dan memelihara organ-organ tubuh untuk dapat berfungsi normal
dalam keadaaan gerak (sehat dinamis) yang dengan demikian pasti normal pula
dalam keadaan istirahat. Dalam psikologis yang sangat positif dengan
diterapkannya olahraga kesehatan di lembaga pendidikan adalah rasa kesetaraan
dan kebersamaan dalam di antara sesama pelaku, oleh karena meraka semua dapat
dan mampu melakukan olahraga kesehatan dengan baik secara bersama-sama.
Sebaiknya, bila olahraga kecabangan yang diterapkan, hal demikian dapat menyebabkan
banyak siswa menjadi merasa terpinggirkan dari kegiatan olahraga karena merasa
tidak mampu berpartisipasi khususnya bila telah mencakup ke aspek
sosio-ekonomi.Potensi olahraga kesehatan sangat perlu dipahami oleh semua pihak
yang berkepentingan dalam pembinaan dan peningkatan derajat kesehatan
masyarakat wujud dari peningkatan mutu sumber daya manusia.
Olahraga kesehatan adalah olahraga
untuk memelihara derajat kesehatan dinamis, sehingga orang bukan saja sehat
dikala diam (sehat statis) tetapi juga sehat serta mempunyai kemampuan gerak
yang dapat mendukung setiap aktivitas dalam peri kehidupanya sehari-hari (sehat
dinamis) yang bersifat rutin, maupun untuk keperluan rekreasi.
- Kesimpulan
Setelah memahami hakekat sehat dan
kesehatan, pendidikan jasmani, olahraga kesehatan maka tiba saatnya memikirkan
pelaksanaan olahraga ini sebaik-baiknya. Konsep olahraga kesehatan adalah:
padat gerak, bebas stress, ade kuat, masal, murah, meriah, dan fisiologis
(bermanfaat dan aman). Masal: ajang silaturahmi, ajang pencerahan stress, ajang
komunikasi social, sehingga olahraga kesehatan membuat manusia menjadi sehat
jasmani, rohani dan social yaitu sehat seutuhnya sesuai konsep WHO.
Peningkatan intensitas olahraga
kesehatan selalu harus dilakukan secara bertahap, oleh karena itu setiap
pelatihan harus selalu dilaksanakan secara bertahap dan pentahapan adalah
prosedur keamanan. Olahraga kesehatan dilembaga-lembaga pembinaan mutu sumber
daya manusia maupun masyarakat luas pada umumnya harus dapat dilaksanakan
sesuai dengan kebutuhan, sehingga mereka akan merasa dirugikan manakala
kegiatan olahraga ditiadakan.
Daftar
Pustaka
Komariah Lilis. (2007) Ilmu
Kesehatan Olahraga (Sport Medicine). Bandung :
Cooper. (1994). “Antioksidant
revolution”. ,Nashvlille-atlanta-london
Giriwijoyo (1992) Ilmu Faal
Olahraga: Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar