Halaman

Senin, 22 Oktober 2012

RPP



Nama  Sekolah                        : SMA NEGERI 1 PARIGI
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas / Semester                      : XI / I
Standar Kompetensi               :1.1. Mempraktikkan keterampilan senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Indiktor
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Alat/Sumber/Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
1.1.  Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan bantuan, serta nilai percaya diri,kerjasama,tanggung jawab,menghargai teman


1.      Mempraktikkan gerakan senam lantai (chalestenic)

a.       Handspring

b.      Round Off




·      Menjelaskan kepada siswa tentang pengertian dari senam lantai
·      Memberikan penjelasan tentang gerakan-gerakan senam lantai
·      Menjelaskan cara pelaksanaan gerak tersebut
·      Menjelaskan bahaya dan manfaat dari gerakan tersebut
·  Teknik Handspring dengan menumpukan kedua tangann di lantai dan membuat gerakan melontarkan salah satu kaki ke atas belakang untuk mencapai fase layangan dalam posisi kurvalinier, sebelum mendarat dalam posisi berdiri, pergerakan berputar ke depan dan perubahan linier dari titik berat tubuh. Perputaran awal dihasilkan dari awalan akhir yang agak tinggi dan posisi tubuh yang lebih lenting (ekstensi kurvalinier). harus meneruskan gerak linier ke depan yang diubah ke gerak linier vertikal dengan menolakkan tangan. Penyaluran gerak berlangsung melalui tubuh yang dikencangkan, yang juga sedikit dilentingkan.




· Teknik round off yaitu  dengan melakukan gerakan poros asterior posterior hampir sama dengan melakukan gerakan baling-baling dilakukan dengan kecepatan tinggi dengan lompatan keatas dan di akhiri dengan kaki bersamaan,melibatkan setengah putaran badan pada saat posisi terbalik, sehingga merubah arah gerakan pesenam dari arah ke depan menjadi ke belakang. Round off terdiri dari dua bagian: pertama, baling-baling ke arah handstand dan kedua, gerakan snap down.


·         Tes
























·         Tes
·         Tes Keterampilan

·         Tes sikap


·         Tes pengetahuan

·         Tes pengamatan
·      Tes dilakukan oleh masing-masing siswa sesuai sengan petunjuk dari guru (perorang/kelompok)

·      Mengadakan tanya jawab antar siswa dengan guru










2 x 45 menit
·         Buku penjasorkes kelas XI

·         Internet

·         Matras

·         Peluit

·         Stopwotch


Tidak ada komentar:

Posting Komentar